Logo merupakan suatu gambar atau
sekadar sketsa dengan arti
tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaa, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai
pengganti dari nama sebenarnya.
Logo harus memiliki filosofi dan
kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri
sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual,
seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.
Logo sebagai identitas di suatu lembaga
atau sebuah perusahaan yang membentuk image sangat diperlukan untuk tetap
menarik perhatian customer atau client. Terlebih di era Globalisasi ini yang
kian bersaing ketat di berbagai belahan dunia yang memungkinkan meluasnya
penyampaian informasi di berbagai pelosok di belahan dunia sehingga sangatlah
penting untuk menciptakan identitas satu perusahaan agar tetap eksis dan
survive dalam persaingan yang menglobal ini.
Sangatlah penting untuk para pengembang
suatu organisasi ataupun perusahaan menyadari bahwa sederhana dan efisein tidak
berarti bahwa logo tersebut kehilangan hakikat atau sesuatu yang berharga
karena untuk mendukung fungsinya yang fleksible maka logo harus sederhana
tetapi masih dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan. Cara membuat logo yang
seperti ini memerlukan pengalaman bertahun-tahun dan pengetahuan yang cukup
tentang banyak sifat dan karakteristik dari berbagai industri. Disinilah
pentingnya fungsi dari seorang art director yang berpengalaman.
Sebuah logo yang memiliki fungsi
hebat haruslah memiliki kemampuan untuk dicetak secara offset printing, digital
ataupun sablon pada banyak media tanpa kehilangan makna dan keindahannya.
Kebutuhan akan fungsi membuat sebuah logo terbaik harus sederhana, bisa
diskalakan, memberikan inspirasi dan semangat. Penting sekali untuk membuatnya
tidak terlalu kompleks dan tidak memakai obyek yang diambil dengan kamera
fotografi seperti bayangan menjadi bagian utamanya. Sebuah logo yang baik apabila
dikurangi ukurannya atau bahkan ditambahkan serta ditempatkan kedalam berbagai
media tidak kehilangan makna aslinya sebagai tambahan ia juga haruslah dapat
terlihat indah meskipun tampil dalam warna duo tone seperti hitam dan putih
saja.
Qualified Translation Center
(QTC) Yogyakarta mengenalkan Logo terbaru yang resmi diperkenalkan pada hari
ini 28 Oktober 2014 bersamaan dengan acara Training Penerjemahan yang di
laksanakan di PUSAT BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA. Secara langsung pendiri QTC
Jogja yaitu Dr. Kardimin, M.Hum mengenalkan Logo QTC kepada publik agar lembaga
yang telah berdiri ini mampu berkembang dan menjadi brand penerjemah di
Indonesia.
http://id.wikipedia.org/wiki/Logo
http://desainlogodesign.com/fungsi-logo-bagi-perusahaan#sthash.fppt7UpC.dpuf